google-site-verification: google0349c6edf84c2ea8.html pengalibu: Tempat wisata di sulawesi tengah dan kota palu

Selasa, 16 Agustus 2016

Tempat wisata di sulawesi tengah dan kota palu





TEMPAT WISATA DI SULTENG DAN KOTA PALU DAN SEKITARNYA
 bicara tentang palu teryata kota teluk ini memiliki segudang tempat wisata yg bias di bilang WOW!! Mulai  dari pegunungan laksana negri di atas awan atau  pantai laksana di surga. Ada beberapa hal yang menyebabkan kota palu masi minim wisatawan sala satunya adalah promosi. Namun jika anda datang ke palu disinilah sala satu surga wisata menurut saya. sala satu turis dari kroasia bahkan perna saya tanyakan sendiri."mengapa anda tidak kebali? anda tau jawabanya ? dia mngatakan: "saya pernah ke bali memang tempatnya bagus, namun disini jauh lebih bagus? namun demikian yang di sayangkanya adalah akses dan fasilitas yg belum memadai untuk tempat-tempat wisata tersebut. Berikut adalah tempat wisata di kota palu dan sekitarnya..



1. Pantai Talise
Hasil gambar untuk pantai talise kota palu
Pantai talise adalah pantai yang terletak di dekat kota palu dan merupakan salah satu destinasi lokal favorit warga kerena jaraknya tersebut. Di pantai ini terdapat hamparan pasir putih dengan ombak yang cukup tenang yang biasanya dimanfaatkan pengunjung untuk berenang, menyelan dan menikmati sunset di penghujung hari.
2. Sou Raja
sou raja
Sou raja adalah rumah tempat tinggal raja yang dulunya memerintah secara lokal di daerah sulawesi tengah. Rumah ini terbuat dari kayu ulin dan kayu bayam dengan atap bentuk segitiga. Keberadaan rumah ini biasanya menjadi tujuan wisata budaya yang membuktikan bahwa di daerah ini pada zaman dahulu diperintah oleh seorang raja
3. Pantai Tanjung Karang
pantai tanjung karang
Pantai tanjung karang yang terletak di teluk palu ini dapat dicapai dalam waktu singkat dari kota sekitar 30-40 menit. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pantai yang indah dengan paduan perbukitan hutan yang cukup menarik.
4. Pulau Pasoso
pulau pasoso
Pulau pasoso dikenal juga oleh masyarakat lokal sebagai pulau penyu hijau, karena keberadaan habitan hewan unik ini. Pulau pasoso sendiri terletak di kecamatan balaesang, kabupaten donggala dan kebanyakan dikunjungi pada bulan september dan november setiap tahun oleh pengunjung yang ingin melihat penyu bertelur.
5. Pusentasi Pusat laut
pusentasi pusat laut
Pusentasi Pusat Laut adalah sebuah sumur air laut yang terletak di daratan dan airnya terasa asin dan jernih. Pusentasi sendiri memiliki arti bahwa pusat air laut atau air sumur laut.
6. Taman Nasional Lore Lindu
taman nasional lore lindu
Bagi anda yang suka kegiatan petualangan, maka disarankan datang ke Taman Nasional Lore Lindu ini. Gunung, danau, flora dan fauna di sini sangat indah. Pantainya pun dijamin masih perawan. Apalagi anda juga bisa melihat batu batu dari jaman megalitik di sini. Banyak hal bisa dilakukan di kawasan Hutan Taman Nasional Lore Lindu. Hewan dan flora yang dilindungi bisa anda jumpai di tempat ini.
7. Museum Sulawesi Tengah
museum selawesi tengah
Museum Sulawesi Tengah ini terletak di tengah kota Palu. Di sini anda bisa melihat koleksi gajah purba dan bagaimana masyarakat Sulawesi Tengah jaman dulu meramu, membuat kain dari kulit dan sebagainya. Bila anda penasaran dengan budaya dan asal usul nenek moyang kota ini, maka anda di sarankan datang ke Museum Sulawesi Tengah.
8. Danau Poso
danau poso
Danau poso adalah danau air tawar di kabupaten poso yang merupakan salah satu danau terbesar di indonesia. Disini anda bisa menyaksikan pemandangan danau dengan kesejukan udara dan hamparan bukit nan indah di sekitar danau poso.
9. Air Terjun Saluopa
air terjun saluopa
Air Terjun Saluopa ini adalah airterjun bertingkat dengan 2 susun yang menyajikan pemandangan air terjun yang indah dengan kesejukan air pegunungan yang selain biasanya digunakan untuk mandi oleh pengunjung juga dapat diminum. Di air terjun ini juga terdapat kawasan hutan dimana pengunjung bisa melihat flora dan fauna hutan di sulawesi tengah.
10. Pulau Lutungan
pulau lutungan
Pulau Lutungan ini berjarak 456 kilometer dari Palu dengan jalan darat, lalu dilanjutkan dengan naik perahu selama 25 menit dari Pelabuhan Tanjung Batu. Pulau ini terletak di arah barat Toli-Toli Sulawesi Tengah yang dikelilingi air dan pantai berpasir putih. Pulau ini dianggap keramat dan banyak dikunjungi masyarakat dengan tujuan mencari berkah. Caranya dengan menancapkan pelepah kelapa ke dalam tanah lalu mencabutnya. Bila pelepah menjadi pendek, berarti permintaan ditolak, sebaliknya bila menjadi panjang berarti permintaan diterima.
11.Pantai Taipa di Bagian Utara Kota Palu
Kota Palu Pantai Taipa
Tempat wisata di Palu selanjutnya adalah Pantai Taipa yang berada di bagian utara kota Palu, seperti namanya pantai tersebut terletak di desa Taipa. Untuk bisa mencapai tempat wisata ini kita membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit karena jaraknya 20 km ke arah utara dari kota Palu. Pantai Taipa ini adalah tempat yang selalu ramai setiap harinya yang dikunjungi oleh masyarakat Kota Palu, terlebih untuk akhir pekan karena banyak yang merayakan ulang tahun, membuat out bond untuk kepentingan organisasi atau sekedar berkumpul bersama keluarga tercinta di tempat ini.
Sebelum masuk ke Pantai Taipa yang berada di bagian utara kota Palu, kita harus membayar Rp. 10.000/orang, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun harus mengeluarkan uang, tempat wisata Pantai Taipa adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan hari libur. Ada banyak tersedia kotage yang bisa disewa dengan harga mulai dari Rp. 35.000 hingga ratusan ribu. 

12.Pantai Enu di Bagian Utara Kota Palu
Pantai Enu terletak di sebelah utara Kota Palu, tepatnya di Desa Enu, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala. Desa Enu terletak di pesisir barat Sulawesi Tengah. Masyarakat Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu, sering menyebut kawasan pesisir barat Sulawesi Tengah ini dengan sebutan “Pantai Barat”. Pantai Enu berjarak sekitar 40 km dari Kota Palu. Perjalanan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun angkot dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.
Kota Palu Pantai EnuDaerah sekitar pantai Enu masih lebat dengan pepohonan tropis, berlatar belakang pegunungan dan dengan pantai yang berbatu. Pantai ini berhadapan langsung dengan objek wisata Tanjung Karang. Pantai Enu memiliki karakteristik taman laut yang indah, bergua-gua, soft coral, tempat berhuni berbagai jenis ikan dan sebagainya. Pantai ini cocok untuk anda yang gemar snorkeling, wind surfing dan diving. Peralatan untuk snorkeling dan diving dapat disewa oleh pengunjung di tempat ini, dan dapat pula di bawa dari Kota 

13.Jembatan Palu
jembatan palu
Adalah suatu landmark yang menjadi ikon utama kota Palu. Tempat ini paling sering dikunjungi wisatawan yang hobi berfoto. Biasanya foto-foto keindahan jembatan kuning Talise ini dilakukan malam hari. Jembatan ini diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan ini membentang di atas Teluk Talise ini berada di kelurahan Besusu dan Lere, yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Barat. Jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah di negara Jepang dan Perancis.

14.Gunung Gawalise
gunung-gawalise
Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.023 meter di atas permukaan laut (dpl) ini berdiri di kawasan hutan tropis dan dihuni oleh suku Da’a, sub etnis suku Kaili. Suku ini tersebar di beberapa desa yang terdapat di kawasan gunung tersebut. Selain tempat pendakian, Gunung Gawalise juga kerap menjadi tempat observasi bagi para ilmuwan yang ingin meneliti berbagai jenis flora dan fauna. Salah satu jenis flora yang dapat ditemukan di sana adalah bunga abadi (edelweiss) atau yang mempunyai nama latin anaphalis javanica.

15.Cagar Alam Morowali
 morowali
Wilayah taman nasional ini meliputi pulau-pulau yang terdapat di kawasan teluk, kawasan dataran rendah dan daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 2.421 meter. Dalam kawasan cagar alam ini hidup masyarakat tradisional suku Wana yang belum mengenal kehidupan modern dan hidup dengan berburu dan melakukan perladangan berpindah. Kawasan cagar alam ini merupakan habitat sejumlah hewan seperti anoa, burung maleo, babi rusa dan sejenis kelelawar terkecil di dunia.

16.Kepulauan Togean
 Togean-Island
Selain Danau Poso, objek wisata utama lainnya di Poso Sulawesi Tengah adalah Laut Togean di Kecamatan Tojo UnaUna. Perjalanan menuju Togean dapat ditempuh 4 jam jalan darat yang dilanjutkan naik perahu motor. Objek wisata yang eksotis ini merupakan surga bagi wisatawan, karena alam bawah lautnya yang dihuni dengan berbagai karang tropis dalam ukuran jumbo serta berbagai spesies ikan hias dan kepiting kenari.
 17.Pulau Kadidiri
 Pulau-Kadidiri
Terletak tidak jauh dari Wakai merupakan pusat kunjungan wisata di Kepulauan Togean. Pulau Kadidiri merupakan pulau paling populer di kalangan wisatawan karena pantainya sangat bagus dengan lokasi snorkeling dan menyelam yang sangat prima. juga tersedia banyak penginapan murah dan di sebelah barat pantai terdapat deretan batu karang terjal yang menjadi habitat kepiting karang.

  1. Museum Sulawesi Tengah

18.Pantai Labuana Desa Sirenja
Pantai Labuana, Desa Lombonga, Sirenja, Donggala, Sulteng. Perjalanan +-2 Jam dari Palu. Pantai dengan garis pantai yang lumayan panjang. Dengan pasir agak kasar namun bersih. Air lautnya berwarna hijau, biru laut dan tosca. Cocok untuk berenang, karena tidak ada karang.hmmt... sala satu destinasi wisata yang sangat cocok buat pengemar pantai
 




19.PANTAI BAMBARANO
 
Mungkin sebagian orang yang berdiam di Kota Palu belum mengetahui keberadaan indahnya pantai Bambarano. Keeksotisan pantai ini bisa memukau setiap orang yang datang berkunjung.
Pantai Bambarano terletak di desa Sabang Kecamatan Damsol Kabupaten Donggala, arah wilayah Pantai Barat. Perjalanan dari kota Palu bisa di tempuh selama kurang lebih tiga setengah jam. Entah itu menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.
Karena namanya yang belum begitu populer, pantai ini masih sangat sepi pengunjung. Itu sebabnya panorama pantai Bambarano hanya bisa dinikmati oleh warga sekitar saja.

Namun, kini keberadaan pantai Bambarano mulai terdengar dari mulut ke mulut.




20.PANTAI KALUKU
pnatai kaluku adl obyek wisata yang baru di publikasikan di sulteng belum lama ini. promosinyapun baru dari mulut ke mulut perjalanan ke pantai ini memakan waktu -+1 jam darikota palu. wahh..dari gambar yg terlihab bgt besarnya animo masyarakat ntuk mengunjungi pantai ini tiap akhir pekan..hmmtt ada apa ya di pantai kaluku ? jawabanya hanya satu. keindahan,
 Hasil gambar untuk pantai KALUKU PALU

 Tempat yang harus dikunjungi bagi siapapun yang mau menikmati indahnya pemandangan gunung, hijaunya lembah, indahnya langit biru dan sejuknya udara tanpa polusi.. untuk mencapai gunung ini dari kota Palu, ada beberapa jalan tetapi yang biasa saya lewati adalah dari jalan I Gusti Ngurah Rai, terus cari jalan menuju ke kolam wisata Porame terus melewati seperti bendungan kecil diatas sungai dilanjutkan menyusuri desa Balane terus mengikuti jalan menanjak disisi gunung sepanjang 15 km. Dikarenakan jalan yang agak sempit dan kurang baik maka waktu tempuh bisa sampai 1,5 jam lamanya. Disepanjang perjalanan anda akan 21.disuguhkan indahnya pemandangan gunung dan hijaunya pohon2
Hasil gambar untuk objek matantimali




na itulah beberapa tempat wisata sekitar kota palu. semoga bermanfaat dan bisa menjadi reverensi untuk berlibur ya. tabe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar